KATA PENGANTAR
Puji syukur tim penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya tim penulis dapat
menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pada Bidang Pendidikan ”.
Makalah ini membahas tentang dampak teknologi informasi dan komunikasi pada
bidang pendidikan. Penulis sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi
kita semua sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi manfaat positif
dan negatif dari kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pesat dewasa ini
khususnya pada bidang pendidikan.
Ucapan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu tim penulis sehingga
makalah ini dapat terselesaikan. Tidak lupa juga penulis mengucapkan banyak
terima kasih kepada dosen tim penulis yang telah memberikan arahan dan
bimbingannya. Kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk kesempurnaan
makalah ini dikemudian hari.
Jakarta,
14 Mei 2012
Tim
Penulis
BAB I . PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Dilihat pada saat sekarang ini
perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang.
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat memudahkan kita
untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja,
kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi
informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan
berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan
perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah
dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak
dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu,
berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.
Di
Indonesia yang notabenenya sebagai negara berkembang dimana ketersediaan
infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang
untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan
infrastruktur ini sangat terasa di daerah-daerah yang proses memperoleh
informasinya masih terbatas. Hal ini dikarenakan di Indonesia penyebaran
teknologi informasi dan komunikasi belum merata, sekarang ini hanya di
kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah menikmati dan memanfaatkan
fasilitas yang tersedia. Dengan demikian perkembangan pendidikan pun menjadi
terhambat dan juga tidak merata.
I.2. Tujuan
Tujuan
dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.
Untuk memenuhi tugas matakuliah
Komputer dan Masyarakat
b.
Mengetahui perkembangan
Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) dibidang pendidikan
c.
Mengetahui dampak positif dan
negatif dari perkembangan Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) bagi dunia
pendidikan
I.3. Rumusan Masalah
- Apakah peranan teknologi bagi dunia pendidikan ?
- Apakah komputer dapat meningkatkan kemampuan belajar ?
- Apa saja dampak dari perkembangan TIK terhadap dunia pendidikan ?
- Apakah komputer akan mendorong manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan ?
I.4. Metode Penulisan
Dalam
penulisan makalah ini penulis menggunakan metode penjabaran materi, adapun
teknik yang digunakan yaitu studi pustaka dengan browsing internet dan sumber
lain untuk mendapatkan data untuk pembuatan makalah ini.
I.5.
Sistematika Penulisan
a.
BAB I : Pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang,
Tujuan, Rumusan Masalah, Metode
Penulisan dan Sistematika Penulisan.
b.
BAB II : Pembahasan
c.
BAB III : Kesimpulan
BAB II. PEMBAHASAN
II.1. Pengertian
II.1. a. Pengertian Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
secara umum adalah semua teknologi yang
berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan
(akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian
Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6)
Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) adalah berbagai bentuk peralatan dan system yang digunakan
untuk memperoleh, memproses, mengelola, memanipulasi, memindah, menyimpan dan
menyebarkan informasi melalui media elektronik (Isjoni et al., 2008 : 76).
Teknologi
informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data
termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam
berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi
yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi,
bisnis,dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan.
II.1.
b. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Bidang Pendidikan
Pemanfaatan TIK
dalam pendidikan di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang.
Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan
sebagai upaya melakukan penyebaran informasi kesatuan-satuan pendidikan yang
tersebar di seluruh nusantara, merupakan wujud dari kesadaran untuk
mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pendidikan
masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah
tidak adanya interaksi imbal balik yang seketika. Siaran bersifat searah, dari
nara sumber belajar atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer
dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis,
gambar, suara, danmovie) memberikan peluang baru untuk mengatasi
kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi.
Bila televisi
hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih lebih bila materi tayangannya
adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet
memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun
asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet
memungkinkanterjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama
bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang
sama. Pemanfaatan teknologivideo conference yang dijalankan berdasar
teknologi Internet, memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang
terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi puncak seperti itu, beberapa
peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan
sejalan dengan kemajuan TIK.
Menurut UNESCO (2003)
ada 4 level dalam TIK yaitu :
l Emerging;
menyadari pentingnya TIK untuk
pendidikan
l Applying;
mulai menjadikan TIK
sebagai obyek yang harus dikuasai/dipelajari (learning to use ICT);
l Integrating; menjadikan
TIK sebagai media pembelajaran (using ICT to learn)
l Transforming;
menjadikan TIK
sebagai katalist pembaharuan pembelajaran
Indonesia masih berada
pada level ”applying” atau dengan kata lain masih dalam tahap “Learning to
Use ICT”.
II.2. Peranan dan Tujuan
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dunia Pendidikan
Peranan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Pendidikan yang seharusnya
dimanfaatkan dan dikembangkan dari dulu antara lain adalah:
1. TIK sebagai
Keterampilan (skill) dan kompetensi
TIK
dikatakan sebagai Keterampilan (skill) karena dengan TIK seseorang dapat
menggali potensi dasar yang dimilikinya sejak lahir. Baik itu potensi dalam
menghitung, berfikir kritis pada suatu coding, berimajinasi untuk membuat
sebuah gambar yang menarik dan lain – lain. Seperti contoh adalah dalam
kehidupan nyata. Seorang anak SD yang masih duduk dikelas 6, sudah mampu
membuat animasi kartun yang sangat menarik bagi setiap orang yang pernah
melihatnya. Dengan pengembangan skill seperti ini, seorang anak tersebut sudah
mempunyai masa depan yang sangat cerah. Tinggal kita sebagai orang tua dan
gurulah yang berperan aktif untuk mendidik anak tersebut.
2. TIK sebagai
Infrastruktur Pendidikan
TIK
dikatakan sebagai infrastruktur karena dengan TIK bahan ajar yang dulunya
dituliskan dalam secarik kertas tebal dan disampaikan ke siswa, sekarang bahan
ajar tersebut sudah bisa disimpan dalam bentuk digital. Sehingga seorang guru
sudah tidak terlalu repot untuk membawa kesana – kemari materi yang hendak
dijelaskan.
3. TIK sebagai Alat
Bantu dan Fasilitas Pendidikan
TIK
dikatakan sebagai Alat Bantu dan Fasilitas Pendidikan karena dengan adanya TIK,
penyampaian materi yang membutuhkan alat bantu agar materi tersampaikan kepada
pesera didik sudah bisa dibuat melaui teknologi komputer. Misalnya belajar
tentang proses meletus gunung merapi yang tidak memungkinkan memperlihatkan
langsung bagaimana prosesnya kepada peserta didik. Maka dengan bantuan
komputer, kita bisa membuat animasi proses meletusnya gunung merapi.
4. TIK sebagai Bahan
Sumber Belajar
TIK sebagai
Bahan Sumber Belajar. Dulu, sumber belajar yang kita kenal hanya buku saja. Dan
untuk memperoleh buku tersebut sangatlah susah dan mahal. Namun dengan
berkembangnya teknologi, siswa sedikit lega karena pada dunia internet banyak
buku – buku gratis yang dapat di download kapan saja.
5. TIK sebagai Pendukung
Managemen Pendidikan
TIK
dikatakan sebagai pendukung managemen Pendidikan dikarenakan TIK dapat membantu
managemen pendidikan dalam bidang back office / administrasi, dll.
6. TIK sebagai Pendukung
Keputusan
TIK
sebagai pendukung keputusan dikarenakan TIK dapat membatu
dalam proses mengambil keputusan demi kelangsungan atau masa depan pendidikan.
Adapun Peran
dan fungsi teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas, yaitu dalam
manajemen dunia pendidikan, berdasar studi tentang tujuan pemanfaatan TI di
dunia pendidikan terkemuka di Amerika, Alavi dan Gallupe (2003) menemukan
beberapa tujuan pemanfaatan TI, yaitu
a.
Memperbaiki competitive
positioning
b.
meningkatkan brand image
c.
meningkatkan kualitas
pembelajaran dan pengajaran
d.
meningkatkan kepuasan siswa
e.
meningkatkan pendapatan
f.
memperluas basis siswa
g.
meningkatkan kualitas pelayanan
h.
mengurangi biaya operasi
i.
mengembangkan produk dan
layanan baru
II. 3. Dampak Positif
- Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
- Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
- Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
- Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
II.4. Dampak Negatif
- Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
- Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
- Salah satu dampak negatif kemajuan TIK adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
BAB III. KESIMPULAN
III. 1. Kesimpulan
Dewasa ini banyak dampak-dampak yang
terjadi akibat semakin berkembangnya IT didalam negeri ini. Memang perkembangan
IT jika disikapi secara positif mampu memberikan dampak yang positif dan
apabila disikapi secara negatif dapat memberikan dampak negatif pula. Dunia
internet misalnya, merupakan sebuah perpustakaan maya terbesar di dunia. hampir
semua yang ingin kita cari ada di internet. Informasi melalui media internet,
bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia
mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media
internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola
belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki
kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi
dalam dunia pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
____Pengertian teknologi informasi dan komunikasi dikutip dari
http://muchlis-7a.blogspot.com/2011/11/pengertian-tik.html
diakses tanggal 09 Mei 2012
___Integrasi ICT dalam Proses Pembelajaran “penerapan TIK untuk pembelajaran menurut UNESCO (2003)” dikutip dari
http://tpers.net/2008/01/integrasi-ict-dalam-proses-pembelajaran/
diakses tanggal 11 Mei 2012
____Peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan dikutip dari
http://whitewishes.wordpress.com/2010/02/23/peranan-tik-dalam-bidang-pendidikan/
diakses tanggal 09 Mei 2012
____Dampak teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan dikutip dari
http://ebookbrowse.com/dampak-teknologi-informasi-dan-komunikasi-terhadap-pendidikan-anak-sekolah-pdf-d331375154
diakses tanggal 09 Mei 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar