Senin, 28 Mei 2012

Pengaruh Perkembangan Teknologi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan






KATA PENGANTAR
Puji syukur tim penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya tim penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Bidang Pendidikan ”.
           Makalah ini membahas tentang dampak teknologi informasi dan komunikasi pada bidang pendidikan. Penulis sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi manfaat positif dan negatif dari kemajuan teknologi  informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pesat dewasa ini khususnya pada bidang pendidikan.
            Ucapan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu tim penulis sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Tidak lupa juga penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen tim penulis yang telah memberikan arahan dan bimbingannya.  Kritik dan saran sangat penulis harapkan untuk kesempurnaan makalah ini dikemudian hari.
Jakarta, 14 Mei 2012
Tim Penulis






BAB I . PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.
Di Indonesia yang notabenenya sebagai negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas. Hal ini dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata.




I.2. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk memenuhi tugas matakuliah Komputer dan Masyarakat
b.      Mengetahui perkembangan Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) dibidang pendidikan
c.       Mengetahui dampak positif dan negatif dari perkembangan Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) bagi dunia pendidikan

I.3. Rumusan Masalah
  1. Apakah peranan teknologi bagi dunia pendidikan ?
  2. Apakah komputer dapat meningkatkan kemampuan belajar ?
  3. Apa saja dampak dari perkembangan TIK terhadap dunia pendidikan ?
  4. Apakah komputer akan mendorong manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan ?

I.4. Metode Penulisan
Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode penjabaran materi, adapun teknik yang digunakan yaitu studi pustaka dengan browsing internet dan sumber lain untuk mendapatkan data untuk pembuatan makalah ini.

I.5. Sistematika Penulisan
a.                                            BAB I :  Pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang, Tujuan,  Rumusan Masalah, Metode Penulisan dan Sistematika Penulisan.
b.                                            BAB II  : Pembahasan
c.                                             BAB III : Kesimpulan















BAB II. PEMBAHASAN
II.1. Pengertian
II.1. a. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi (Kementerian Negara Riset dan Teknologi, 2006: 6)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah berbagai bentuk peralatan dan system yang digunakan untuk memperoleh, memproses, mengelola, memanipulasi, memindah, menyimpan dan menyebarkan informasi melalui media elektronik (Isjoni et al., 2008 : 76).
Teknologi informasi juga adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis,dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

II.1. b. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Bidang Pendidikan
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan sebagai upaya melakukan penyebaran informasi kesatuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara, merupakan wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pendidikan masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya interaksi imbal balik yang seketika. Siaran bersifat searah, dari nara sumber belajar atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, danmovie) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi.
Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih lebih bila materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkanterjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologivideo conference yang dijalankan berdasar teknologi Internet, memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi puncak seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK.

Menurut UNESCO (2003) ada 4 level dalam TIK yaitu :
l  Emerging; menyadari pentingnya TIK untuk pendidikan
l  Applying; mulai menjadikan TIK sebagai obyek yang harus dikuasai/dipelajari (learning to use ICT);
l  Integrating; menjadikan TIK sebagai media pembelajaran (using ICT to learn)
l  Transforming; menjadikan TIK sebagai katalist pembaharuan pembelajaran
Indonesia masih berada pada level ”applying” atau dengan kata lain masih dalam tahap “Learning to Use ICT”.


II.2. Peranan dan Tujuan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dunia Pendidikan
Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Pendidikan  yang seharusnya dimanfaatkan dan dikembangkan dari dulu antara lain adalah:
1.      TIK sebagai Keterampilan (skill) dan kompetensi
TIK dikatakan sebagai Keterampilan (skill) karena dengan TIK seseorang dapat menggali potensi dasar yang dimilikinya sejak lahir. Baik itu potensi dalam menghitung, berfikir kritis pada suatu coding, berimajinasi untuk membuat sebuah gambar yang menarik dan lain – lain. Seperti contoh adalah dalam kehidupan nyata. Seorang anak SD yang masih duduk dikelas 6, sudah mampu membuat animasi kartun yang sangat menarik bagi setiap orang yang pernah melihatnya. Dengan pengembangan skill seperti ini, seorang anak tersebut sudah mempunyai masa depan yang sangat cerah. Tinggal kita sebagai orang tua dan gurulah yang berperan aktif untuk mendidik anak tersebut.
2.      TIK sebagai Infrastruktur Pendidikan
TIK dikatakan sebagai infrastruktur karena dengan TIK bahan ajar yang dulunya dituliskan dalam secarik kertas tebal dan disampaikan ke siswa, sekarang bahan ajar tersebut sudah bisa disimpan dalam bentuk digital. Sehingga seorang guru sudah tidak terlalu repot untuk membawa kesana – kemari materi yang hendak dijelaskan.
3.      TIK sebagai Alat Bantu dan Fasilitas Pendidikan
TIK dikatakan sebagai Alat Bantu dan Fasilitas Pendidikan karena dengan adanya TIK, penyampaian materi yang membutuhkan alat bantu agar materi tersampaikan kepada pesera didik sudah bisa dibuat melaui teknologi komputer. Misalnya belajar tentang proses meletus gunung merapi yang tidak memungkinkan memperlihatkan langsung bagaimana prosesnya kepada peserta didik. Maka dengan bantuan komputer, kita bisa membuat animasi proses meletusnya gunung merapi.
4.      TIK sebagai Bahan Sumber Belajar
TIK sebagai Bahan Sumber Belajar. Dulu, sumber belajar yang kita kenal hanya buku saja. Dan untuk memperoleh buku tersebut sangatlah susah dan mahal. Namun dengan berkembangnya teknologi, siswa sedikit lega karena pada dunia internet banyak buku – buku gratis yang dapat di download kapan saja.
5.      TIK sebagai Pendukung Managemen Pendidikan
TIK dikatakan sebagai pendukung managemen Pendidikan dikarenakan TIK dapat membantu managemen pendidikan dalam bidang back office / administrasi, dll.
6.      TIK sebagai Pendukung Keputusan
TIK sebagai pendukung keputusan dikarenakan TIK dapat membatu dalam proses mengambil keputusan demi kelangsungan atau masa depan pendidikan.
Adapun Peran dan fungsi teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas, yaitu dalam manajemen dunia pendidikan, berdasar studi tentang tujuan pemanfaatan TI di dunia pendidikan terkemuka di Amerika, Alavi dan Gallupe (2003) menemukan beberapa tujuan pemanfaatan TI, yaitu
a.       Memperbaiki competitive positioning
b.      meningkatkan brand image
c.       meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran
d.      meningkatkan kepuasan siswa
e.       meningkatkan pendapatan
f.        memperluas basis siswa
g.       meningkatkan kualitas pelayanan
h.      mengurangi biaya operasi  
i.         mengembangkan produk dan layanan baru

II. 3. Dampak Positif
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
II.4. Dampak Negatif
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif kemajuan TIK adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).


















BAB III. KESIMPULAN
III. 1. Kesimpulan
Dewasa ini banyak dampak-dampak yang terjadi akibat semakin berkembangnya IT didalam negeri ini. Memang perkembangan IT jika disikapi secara positif mampu memberikan dampak yang positif dan apabila disikapi secara negatif dapat memberikan dampak negatif pula. Dunia internet misalnya, merupakan sebuah perpustakaan maya terbesar di dunia. hampir semua yang ingin kita cari ada di internet. Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan.










DAFTAR PUSTAKA
____Pengertian teknologi informasi dan komunikasi dikutip dari    
http://muchlis-7a.blogspot.com/2011/11/pengertian-tik.html 
diakses tanggal 09 Mei 2012

___Integrasi ICT dalam Proses Pembelajaran “penerapan TIK untuk pembelajaran menurut UNESCO (2003)”  dikutip dari

http://tpers.net/2008/01/integrasi-ict-dalam-proses-pembelajaran/
diakses tanggal 11 Mei 2012
 
____Peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan dikutip dari    
http://whitewishes.wordpress.com/2010/02/23/peranan-tik-dalam-bidang-pendidikan/ 
diakses tanggal 09 Mei 2012
 
____Dampak teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan dikutip dari    
http://ebookbrowse.com/dampak-teknologi-informasi-dan-komunikasi-terhadap-pendidikan-anak-sekolah-pdf-d331375154
diakses tanggal 09 Mei 2012
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar